Jumat, 22 April 2016

MAKALAH ILMU BUDAYA DASAR "MANUSIA DAN KEGELISAHAN"


MAKALAH ILMU BUDAYA DASAR
"MANUSIA DAN KEGELISAHAN"
Nama : Al Fajrian
NPM: 10115440
Kelas : 1KA29 



 UNIVERSITAS GUNADARMA
SISTEM INFORMASI
2016



KATA PENGANTAR

Puja dan puji Syukur saya panjatkan kepada ALLAH SWT, karena masih melimpahan Rahmat serta Karunia-nya sehingga saya dapat menyusun makalah ini dengan baik dan benar, serta tepat pada waktunya. Dalam makalah ini saya akan membahas  “Manusia dan Kegelisahan”.
Makalah ini dibuat berasal dari beberapa sumber dan beberapa bantuan dari berbagai pihak untuk membantu menyelesaikan masalah, kendala dan hambatan selama mengerjakan makalah ini. Oleh karena itu, saya mengucapkan terima kasih yang kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini baik secara langsung maupun tak langsung.
  Saya sadar bahwa masih banyak kekurangan yang terdapat pada makalah ini. Oleh karena itu saya mengajak pembaca untuk memberikan saran dan kritik yang dapat membangun. Kritikan dari pembaca sangat saya harapkan untuk penyempurnaan pembuatan makalah-makalah yang akan saya buat selanjutnya.
Akhir kata semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

Bekasi, 02 April 2016









DAFTAR ISI
Kata Pengantar
Daftar Isi
 Bab I PENDAHULUAN
     A.    Latar Belakang
     B. Tujuan
 Bab II PEMBAHASAN
               1.      Pengertian Kegelisahan

               2.   Faktor-Faktor Penyebab Kegelisahan

   3.   Mengatasi Kegelisahan


 Bab III KESIMPULAN

 Daftar Pustaka







BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
           Dalam semasa hidupnya, Manusia tidak pernah bisa terlepas dari kegelisahan. kegelisahan muncul, biasanya apabila seorang manusia telah melakukan sesuatu hal tapi berujung pada hal yang salah. Akibatnya kegelisahan tersebut menghantui perasaan serta pikiran dari seorang manusia yang melakukan hal yang berujung kesalahan tersebut.
           Kegelisahan ini seringkali dipicu dari rasa takut dan khawatir yang ditimbulkan dari perasaan dan pemikiran seorang manusia itu sendiri. Kegelisahan ini adalah hal yang manusiawi yang kerap melanda manusia manapun. Baik anak-anak, remaja, dewasa bahkan manula sekalipun.

B. Tujuan
       Tujuan dari penyususan makalah ini adalah sebagai bahan materi mata kuliah Ilmu Budaya Dasar. Dan semoga pembaca dapat mendapat informasi serta dapat bersikap tenang dan mengontrol rasa kegelisahan yang tengah melanda.
BAB II
PEMBAHASAN
1. PENGERTIAN KEGELISAHAN
A. Pengertian Kegelisahan
Kegelisahan adalah keadaan psikologis dan fisiologis dicirikan oleh komponen somatik, emosional, kognitif, dan perilaku. Pada saat seorang manusia tengah merasakan kegelisahan, disitulah keadaan psikolagis dan fisiologisnya tengah terguncang. Ditambah lagi emosionalnya pun sedang tidak stabil. Perasaan khawatir, takut, was-was selalu menghampiri seorang manusia yang tengah merasakannya. Semua aktifitas yang dilakukan seorang manusia tersebut pun menjadi terpecah fokusnya dan menjadi hilang konsentrasi. Akibatnya rasa kegelisahan tersebut pun menghinggapi di setiap hampir detik dalam hidupnya.  Makan menjadi tidak berselera padahal seorang manusia tersebut dalam kondisi fisik yangs sehat, tidur pun menjadi tidak nyenyak karena terus menerus memikirkan rasa kegelisahan yang menyelimuti dirinya akibat kesalahan yang diperbuatnya, serta aktifitas normal yang biasa dilakukan pun menjadi tidak begairah dan bersemangat.

 

2. FAKOR-FAKTOR PENYEBAB KEGELISAHAN

Pada dasarnya kegelisahan muncul karena di awali dari beberapa factor. Dan faktor tersebut karena bermula dari faktor internal. Dibawah Ini adalah beberapa faktor penyebab dari kegelisahan.

Faktor Internal Kegelisahan

 Faktor kegelisahan ini disebabkan dari diri sendiri. Ketakutan, kekhawatiran, kecemasan, dan rasa was-was yang amat berlebihan karena telah melakukan sebuah kesalahan pada suatu hal adalah faktor-faktor internal yang mendominasi munculnya rasa kegelisahan. Selain itu ada beberapa faktor-faktor lain penyebab munculnya rasa kegelisahan. 

A. Kurangnya Komunikasi Kepada Sang Pencipta.
 
Kurangnya “Komunikasi” kepada sang pencipta bisa jadi salah satu faktor yang menyebabkan rasa kegelisahan terus menggelayuti pada seorang manusia. Seringnya melalaikan TUHAN dan ajaran-ajarannya serta melanggar hal-hal yang dilarangnya membuat setan-setan mudah merayu dan mempermainkan hati kita yang tengah dirundung masalah dan kegelisahan.

B. Kurangnya Membagi Tentang Kegelisahan Yang Tengah Dirasakan.

Berbagi! Mungkin seorang manusia yang tengah merasakan kegelisahan pada hatinya perlu membagi kisah “getirnya” kepada orang lain. Kurangnya membagi rasa kegelisahnya kepada orang lain dapat menambah rasa takut, khawatir, cemas, was-was serta menambah kegelisahan yang tengah disimpan saat ini secara terus menerus bahkan dalam jangka panjang. Tidak ada salahnya membagi rasa kegelisahannya kepada orang lain disaat seorang manusia tengah di timpa oleh masalah yang muncul dari suatu langkah yang salah yang tak sengaja diperbuat. Mungkin dengan berbagi rasa kegelisahan, orang lain bisa membantu mencarikan jalan keluar dari permasalahan yang bersarang menjadi sebuah rasa kegelisahan. Baik bantuan secara moril maupun materil.


 

3. MENGATASI KEGELISAHAN


1. Membuat Sebuah Daftar

Ketika Anda memiliki daftar panjang dari hal-hal yang Anda lakukan, hal itu bisa membuat siapapun merasa gelisah. Cobalah untuk menulis semua hal yang membuat pikiran Anda gelisah, terutama pada malam hari. Tindakan ini dapat membuat pikiran Anda lebih tenang. Anda akan mengingat apa yang harus dilakukan dan perlahan-lahan Anda bisa menghilangkan kegelisahan Anda tersebut dari daftar yang Anda buat.

2. Olahraga

Olahraga telah terbukti menjadi salah satu cara untuk mengurangi stress dan kegelisahan. Jika Anda menyukai tenis, sebagai contoh, tindakan memukul bola bolak-balik bisa sangat membantu Anda untuk mengarahkan energy gelisah Anda dengan cara yang sehat.
Berjalan juga salah satu aktifitas yang baik. Anda bisa berjalan disekitar rumah Anda selama 10 menit, pergi ke taman, ataupun berjalan-jalan biasa. Tindakan mencari udara segar diluar rumah bisa memberikan Anda ruang untuk bernafas, mampu membuat Anda bisa menikmati suara alam, ataupun menikmati semacam keheningan dan kedamaian.
Apapun olahraga yang Anda sukai, lakukanlah dengan teratur. Hal itu tentu dapat membantu Anda.

3. Aromatherapy

Hanya dengan harum lavender saja dapat membantu Anda untuk mengurangi stres dan tekanan darah tinggi. Para ilmuwan telah mendokumentasikan kelebihan dari aromatherapy ini.
Dimulai minyak esens lavender ataupun dupa. Oleskan setetes minyak esens tersebut pada tiap dupa. Duduk dengan tenang atau berbaringlah, dan biarkan aroma lavender tersebut membantu Anda untuk rileks.
Dupa lavender juga bekerja dengan baik, tetapi tidak semanjur minyak esens dan beberapa orang mendapati bahwa asap dari dupa terlalu kuat. Nyalakan batang dupa dan biarkan aroma dupa tersebut mengisi ruang Anda. Lagi, duduklah dengan tenang untuk beberapa saat dan hiruplah harum lavender tersebut.

4. Teh

Tindakan membuat the adalah proses yang menenangkan. Teh membuat Anda lebih tenang dan Anda harus menyesap teh tersebut. Anda tidak dapat menenggak minuman yang masih panas.
Beberapa varietas untuk menenangkan adalah teh lavender, chamomile, ataupun jahe. Lavender dan chamomile, keduanya dapat menenangkan Anda. Sedangkan jahe dapat membantu Anda untuk mengobati sakit perut.
Tuangkan air bersih kedalam cerek teh dan biarkan air tersebut mendidih. Tuangkan kantong teh ataupun daun teh, dan biarkan agar meresap sampai teh tersebut cukup dingin untuk diminum. Duduklah pada tempat yang sepi dan hilangkan suara-suara yang mengganggu. Telepon seluler, musik, TV, radio, dan sebagainya. Sesaplah teh Anda selama 20 menit dan hilangkan perhatian Anda dari pikiran-pikiran yang membuat tingkat stress Anda bertambah.

5. Musik Yang Menenangkan

Dengarkan beberapa musik yang menenangkan. Ada banyak jenis musik yang berbeda, yang dapat menenangkan pikiran Anda. Musik klasik, Zen, Meditasi, Musik Tradisional ataupun jenis musik dan suara yang menenangkan adalah pilihan yang baik. Sambil mendengarkan musik, Anda dapat duduk dengan tenang ataupun melakukan aktifitas santai untuk membantu pikiran Anda menjadi lebih tenang, seperti membaca, membuat karya seni, menulis, dan sebagainya.


BAB III
KESIMPULAN 

    Inti dari Pembahasan MANUSIA dan KEGELISAHAN adalah bahwa Manusia di bumi ini baik anak-anak, remaja, dewasa hingga manula sekalipun dapat merasakan apa itu rasa kegelisahan. Terlepas dari rasa kegelisahan tersebut muncul karena dimulai dari ketidaksengajaan melakukan sesuatu hal yang malah berujung pada sebuah permasalah, pastilah disitu juga ada alteranif penghilang rasa dari kegelisahan tersebut yang juga pemecahan alias jalan keluar dari sebuah permasalahan yang baik sengaja dilakukan maupun tidak. Pastinya juga tuhan memiliki scenario tersendiri agar hambanya mengingat kepada sang pencipta dan menciptakan sebuah problematika agar hambanya bisa berada setingkat lebih baik dari tingkat yang sebelumnya. Tidak aka nada masalah yang di buat tuhan yang tidak dapat dipecahkan oleh hambanya.



DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar