Rabu, 28 September 2016

MAKALAH INOVASI SISTEM INFORMASI & TEKNOLOGI INFORMASI MODERN 2




 NAMA: AL FAJRIAN
NPM:         10115440
KELAS:         2KA27


 SISTEM INFORMASI 

UNIVERSITAS GUNADARMA

2016 

KATA PENGANTAR
Puja dan puji Syukur saya panjatkan kepada ALLAH SWT, karena masih melimpahan Rahmat serta Karunia-nya sehingga saya dapat menyusun makalah ini dengan baik dan benar, serta tepat pada waktunya. Dalam makalah ini saya akan membahas  "Komun"
Makalah ini dibuat berasal dari beberapa sumber dan beberapa bantuan dari berbagai pihak untuk membantu menyelesaikan masalah, kendala dan hambatan selama mengerjakan makalah ini. Oleh karena itu, saya mengucapkan terima kasih yang kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini baik secara langsung maupun tak langsung.
  Saya sadar bahwa masih banyak kekurangan yang terdapat pada makalah ini. Oleh karena itu saya mengajak pembaca untuk memberikan saran dan kritik yang dapat membangun. Kritikan dari pembaca sangat saya harapkan untuk penyempurnaan pembuatan makalah-makalah yang akan saya buat selanjutnya.
Akhir kata semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.
 Bekasi, 25 September 2016







DAFTAR ISI

      Kata Pengantar
      Daftar Isi
      Bab I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Tujuan
C. Sejarah Flashdisk dan Harddisk


      Bab II PEMBAHASAN
A. Analisis

      Daftar Pustaka


BAB I 
PENDAHULUAN 
A. Latar Belakang
        Pada zaman modern ini, telah muncul bermacam macam teknologi yang canggih. Termasuk di bidang penyimpanan data atau file. Sekarang ini manusia tidak perlu takut tidak bisa menyimpan data atau file yang dimilikinya. Seperti menyimpan data atau file berupa koleksi musik, video, photo sampai dengan data atau file tugas kuliah maupun pekerjaan kantor. Dahulu mungkin banyak orang terbatas dalam menyimpan data atau file yang dimiliknya. Namun saat ini telah banyak berkembang jenis penyimpanan yang jumlah kapasitasnya bisa dibilang funtastic! Bagaimana tidak, saat ini saja telah diciptakan tempat atau wadah penyimpanan data atau file yang dapat di pindah tempatkan atau di bawa bawa kemana pun secara fleksibel dan tidak terbatas menempel pada sebuah perangkat yang besar dan berat. Hal ini tentu saja telah memudahkan banyak orang dalam menyimpan dan mentransfer data atau file dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

B. Tujuan
        Tujuan dari penyusunan makalah ini adalah sebagai bahan mata kuliah inovasi sistem informasi & teknologi informasi modern 2. Dan semoga pembaca mendapat informasi serta dapat mengetahui sejarah dan jenis-jenis wadah penyimpanan data atau file.

C. Sejarah Flashdisk dan Harddisk

C.1 FLASHDISK   
       Penemuan Flash Memory (NOR dan NAND) oleh Dr. Fujio Masuoka tahun 1984 ketika sedang bekerja pada Toshiba. Sedangkan nama flash sendiri diberikan oleh koleganya yaitu Mr. Shoji Ariizumi. Type flash chip type NOR yang diperdagangkan dikenalkan oleh intel pada tahun 1988. NOR flash adalah flash dasar yang membutuhkan waktu yang cukup lama dalam menghapus dan menulis, tetapi menyediakan alamat penuh dan jalur data. Memberikan akses secara acak tehadap semua lokasi memori. Tetapi sangat bagus untuk menggantikan ROM model lama, dimana memungkinkan untuk mengupdate kode program yang tersimpan. Contoh adalah BIOS NAND flash di announced oleh Toshiba pada tahun 1989, dimana bisa melakukan proses penghapusan oleh penulisan yang lebih cepat membutuhkan tempat yang kecil untuk chip per selnya. Dengan bertambahnya kapasitas tetapi biaya bisa ditekan menyebabkan flash ini cocok digunakan untuk secondary storage. Belum dapat dipastikan siapa yang mengembangkannya pertama kali karena ada tiga peusahaan yang memperselisihkan, yaitu: M-System, Netac dan Trek 2000. Flash drive mulai dipasarkan pada tahun 2001 di Amerika oleh IMB. Ukuran data yang dapat disimpan pada waktu itu adalah 8 MB. Data terakhir November 2006 sudah mencapai 64GB. Tidak hanya ukurannya saja yang berkembang, tetapi bentuk dan fungsinya juga mengalami perubahan. Ada flash drive yang memakai rotary design sehingga kita tidak perlu khawatir kehilangan penutupnya. Tersedia juga flash drive yang dilapisi karet supaya tahan air atau dilengkapi dengan clip carabinner sehingga mudah digantungkan. Bahkan telah dibuat flash drive berbentuk model kartu kredit. Namanya Wallet-Friendly USB. Ukurannya hanya 86 x 54 x 1,9 mm. Jadi dapat disimpan dengan aman di dalam dompet. Untuk masalah kemasan yang dimiliki flash drive saat ini sebatas melindungi data yang ada, supaya tidak terakses oelh orang yang bukan pemiliknya. Cara kerja yang dipakai saat ini antara lain menggunakan full disk encryption atau physical authentication tokens. Sistem baru yang diperkenalkan tengah tahun 2005 lalu adalah biometric fingerprinting. Akan tetapi metode sekuritas ini sangat mahal, karena menggunakan tekhnologi tinggi. Pda kenyataannya, pemanfaatan flash drive telah berkembang untuk berbagai hal. Contohnya disebuah artikel diuraikan langkah langkah mensetting flash drive untuk mem-boot Wndows XP. Syarat utamanya memang motherboard dan BIOS dari komputer kita dapat mendukung manajemen booting dan flash drivw. Beberapa aplikasi juga dapat dijalankan dari flash drive tanpa harus meng-install-nya terlebih dahulu ke komputer.
C.2 HARDDISK
        Harddisk merupakan media penyimpanan yang di desain untuk dapat digunakan menyimpan data dalam kapasitas yang besar. Hal ini dilatar belakangi adanya program aplikasi yang tidak memungkinkan berada dalam 1 disket dan juga membutuhkan media penyimpanan berkas yang besar. Misalnya database suatu instansi. 
        Tidak hanya itu, harddisk diharapkan juga diimbangi dari kecepatan aksesnya. Kecepatan harddisk bila di bandingkan dengan disket biasa, sangat jauh. Hal ini di karenakan harddisk mempunyai mekanisme yang berbeda dan teknologi bahan yang tentu saja lebih baik daripada disket biasa. Bila tanpa harddisk, dapat dibayangkan betapa banyak yang harus disediakan untuk menyimpan data kepegawaian suatu instansi atau menyimpan program aplikasi. 
        Harddisk pertama yang diciptakan adalah harddisk yang ditawarkan oleh IBM pada tahun 1956. Memiliki berat 500Kg dan hanya menawarkan kapasitas sebesar 5mb. Media seperti ini membutuhkan sebuah kompressor udara bertekanan dan masih jauh untuk penggunaan di rumah. Harddisk ini biasanya disewakan kepada perusahaan perusahaan.untuk jangka waktu tertentu.Dengan harga penyewaan $5000 US dollar/bulan.
       Open Harddisk atau juga yang dikenal dengan nama IBM 1311 diperkenalkan pada tanggal 11 oktober 1962. Harddisk ini dapat menyimpan 2 juta karakter pada disk pack berukuran 14 inch dan 10 permukaan yang dapat ditulis. Dibandingkan yang sebelumnya, HDD ini jauh lebih ringan meskipun masih tergolong besar.
       Pada tahun 1973, IBM memulai program Winchester dengan piringan berputar yang terpasang permanen, Mekanisme loading menjadi masalahnya. Demikian juga kedekatan nama HD tersebut dengan nama sebuah senjata (Winchester), sehingga HDD ini sempat diperdebatkan,
       Pada tahun 1979 Winchester 8 inci diperkenalkan. Harddisk Winchester pertama untuk industri, harddisk ini masih sangat berat dan mahal, harganya sekitar 1000 euro/Mb.
       Pada tahun 1980 seagate meluncurkan Harddisk 5,25 inci pertama kepasaran yang bernama ST506 (6mb, 3600pm). Harga Harddisk ini berkisar $1000. 
       Pada tahun 1989, Western Digital membuat standar IDE (Integrated Drive Electronics) untuk semua ukuran Harddisk. Harddisk berkembang sangat pesat dimulai pada tahun 1997. Itu ditandai dengan adanya Giant Magnet Resistance (GMR) yang ditentukan oleh Peter Gumberg, dengan DTTA-351680, IBM dapat mengatasi batasan kapasitas 10GB.
       Pada tahun 2001, Maxtor mengeluarkan harddisk Maxtor VL40 32049h2, dengan kapasitas 20GB. HDD ini termasuk berukuran besar di kala itu. 
       Pada tahun 2004, Seagate meluncurkan Harddisk SATA petama dengan Native Command queing. Kapasitas HD ini sudah mecapai 120GB. Dibandingkan dengan 3 tahun sebelumnya, kapasitas HDD meningkat hingga 5 kali lipat.
      Perkembangan Harddisk terus menuju dan kini setahun setelahnya, tepatnya pada tahun 2005 Samsung memperkenalkan sebuah hybrid harddisk 2.5 inci. HD ini menggunajkan komponen mekanis magnetis dan NAND flash memory yang berfungsi sebagai buffer yang cepat.
      Pada tahun 2006 Seagate meluncurkan Penperdicular Recording, Momentus S400.3 sebuah 2.5 inci, berkapasitas 160GB yang menggunakan teknik vertical recording.
      Pada tahun 200 Hitachi meluncurkan DeskStar 7K1000 Harddisk Terabyte pertama ke pasaran dnegan kapasitas 1000GB, atau 1 TeraByte. Dibanding pada setahun sebelumnya, kapasitas HDD meningkat hampir 10 kali lipat.

BAB II
PEMBAHASAN
A. Analisis
     Dilihat dari masing masing sejarah penyimpanan Flashdisk dan Harddisk, menurut saya adalah sama sama keduanya sangat amat fleksibel. Perkembangan dari keduanya dari tahun ke tahun yang semakin baik membuat semakin memudahkan banyak orang apabila ingin menyimpan data atau file dan mentransferkannya ke pc atau ke komputer satu dengan peranti yang lain. Namun disini saya melihat ada kekurangan yang saya tangkap. Kekurangan tersebut terdapat pada flashdisk. Yaitu dari segi kapasitasnya yang lebih kecil daripada harddisk. Namun juga terdapat kekurangan pada harddisk, Yaitu harganya yang cukup mahal daripada flashdisk membuat harddisk jarang dimiliki walaupun dari segi kapasitas penyimpanan jauh lebih besar.

Daftar Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar